AstronomiSains

Misi NASA Dragonfly Akan Menjelajahi Bulan Terbesar Saturnus

Selama misi 2,7 tahun pertamanya Dragonfly akan menjelajahi Titan, dual-quadcopter ini akan terbang menjelajahi lebih dari 108 mil

Misi NASA Dragonfly adalah tekhnologi luar angkasa Amerika yang akan menjelajahi bulan dari planet Saturnus yang direncanakan akan berlangsung selama 2,7 tahun dengan jarak tempuh 108 mil

Pada hari Kamis, 27 Juni, NASA mengumumkan misi terbaru untuk program New Frontiers antar-planetnya: Come 2026, badan antariksa NASA akan meluncurkan pesawat dual-quadcopter drone yang dijuluki Dragonfly dalam misi perjalanan ke Titan, bulan terbesar Saturnus. Titan adalah satu-satunya “dunia lain” yang dikenal memiliki sungai, danau, dan laut di permukaannya.

Ekspedisi tersebut — adalah misi keempat yang didanai oleh New Frontiers, yang mendukung proyek eksplorasi planet terpilih dengan biaya kurang dari $ 850 juta untuk meneliti atmosfer Titan. Dragonfly adalah pesawat ruang angkasa yang gesit yang didesain untuk melintasi puluhan lokasi Titan, yang direncanakan akan tiba pada tahun 2034. Selain menjelajahi berbagai lokasi Titan, Dragonfly secara simultan juga didesain untuk mengidentifikasi molekul organik besar yang kondusif untuk menciptakan kondisi yang diperlukan untuk kehidupan.

Seperti yang dijelaskan Sarah Kaplan pada Washington Post, Titan memiliki gunung-gunung es, sungai dan danau yang dipenuhi hidrokarbon cair, dan atmosfer yang kaya nitrogen dan metana yang kental. Jika ada air yang bisa ditemukan di bulan Saturnus ini, itu tidak berada di permukaannya; sebaliknya, para ilmuwan percaya cairan itu bisa bersembunyi di bawah kerak beku dipermukannya.

NASA terutama tertarik pada Titan karena kesamaannya dengan planet kita, Shannon Stirone melaporkan untuk Scientific American. Bulan, yang lebih besar dari planet Merkurius ini, bisa terlihat sedikit seperti versi awal Bumi. Pada dasarnya, ia menulis, bulan raksasa “berjumlah mesin waktu skala planet dan laboratorium kimia asal-kehidupan.”

“Kami tahu Titan memiliki semua bahan yang diperlukan untuk kehidupan. Seberapa jauh bahan kimia yang ada di sana? ” kata Peneliti utama Dragonfly, Elizabeth Turtle dari Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins, kepada Stirone.

Misi NASA Dragonfly akan dimulai di gundukan ladang “Shangri-La” Titan, yang menurut catatan NASA mirip dengan bukit pasir Namibia. Menuruut Daniel Oberhaus dari Per Wired, pesawat Dragonfly akan menggunakan delapan rotor sebagai pendorong pada penerbangan pendek setiap 16 hari Bumi. Perjalanan ini akan menempuh jarak hingga lima mil dengan kecepatan sekitar 20 mil per jam dengan menggunakan tenaga panas yang dilepaskan oleh peluruhan plutonium-238 dalam generator termoelektrik radioisotop (RTG), demikian menurut Brian Resnick dari Vox.

Seperti yang ditunjukkan George Dvorsky dari Gizmodo, Dragonfly akan mampu menjelajahi lebih banyak wilayah dalam beberapa hari daripada Mars Curiosity yang bisa bertahun-tahun. Selama misi 2,7 tahun pertamanya melalui atmosfer Titan, drone udara akan menerbangkan total gabungan lebih dari 108 mil.

Dalam misi penjelajahan ini, Misi NASA Dragonfly ini akan dilengkapi dengan instrumen termasuk spektrometer massa, spektrometer sinar gamma, dan kamera yang mampu memotret foto mikroskopis dan panorama untuk melakukan tugas penelitian mulai dari mempelajari komposisi atmosfer dan geologi Titan hingga menyelidiki “kondisi dan bahan kimia” yang relevan dengan proses biologis, ”tulis Oberhaus. Dragonfly juga akan mengambil sampel bahan permukaan dan mengukur aktivitas seismik bawah tanah Titan.

Misi NASA Dragonfly
Saturnus dan TitanPandangan warna alami Titan dan Saturnus yang diambil oleh pesawat ruang angkasa Cassini milik NASA pada 6 Mei 2012, pada jarak sekitar 483.000 mil (778.000 kilometer) dari Titan. (NASA / JPL-CalTech / Space Science Institute)

Menurut portal Johns Hopkins APL Dragonfly, para ilmuwan pertama-tama mengamati Titan melalui dua pesawat ruang angkasa Voyager pada tahun 1979 dan 1980. Kemudian, pada tahun 1994, Teleskop Luar Angkasa Hubble mencitrakan permukaan bulan pada panjang gelombang inframerah-dekat, mengungkapkan keberadaan terang dan gelap yang misterius. daerah. Penjelajahan mendalam Titan pertama kali terjadi pada 2005, ketika pengorbit NASA Cassini memetakan permukaan bulan dan mengendapkan probe Huygens, yang dinamai menurut astronom Belanda Christiaan Huygens, yang menemukan satelit Saturnus pada tahun 1655. Wahana antariksa ini mendarat di dataran yang menyerupai hamparan danau kering, mencapai pendaratan pertama di tubuh planet di tata surya luar.

The New York Times, David W. Brown melaporkan bahwa misi NASA Dragonfly adalah salah satu dari dua misi dengan pendanaan New Frontiers. Dragonfly muncul sebagai pemenang atas misi CAESAR (kependekan dari Komet Astrobiology Exploration SAmple Return), sebuah Proyek Universitas Cornell yang bertujuan mengumpulkan sampel dari komet 67P / Churyumov-Gerasimenko.

“Titan adalah peluang yang sangat unik secara ilmiah,” Kata Turtle menyimpulkan dalam wawancara pada bulan April dengan The New York Times. “Bukan hanya dunia lautan dan satelit es dengan lautan air di bagian dalamnya tetapi juga merupakan satu-satunya satelit dengan atmosfer. Dan atmosfer di Titan memiliki metana di dalamnya, yang mengarah ke semua jenis kimia organik kaya yang terjadi bahkan di hulu atmosfer. ”